RPP Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan TIK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah           : MTs Plus Raden Paku
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas / Semester        : VII / I
Alokasi Waktu            : 2  jam pelajaran

A.      Standar Kompetensi:
Menyimak (maharoh istima’): memahami dan mengerti informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan sehari-hari.

B.       Kompetensi dasar:
Menyimak (maharoh istima’) :
1.   Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat dan jelas.
2.  Menemukan informasi dari wacana lisan atau dialog sederhana yang ditampilkan sebelumnya.
3.  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana dengan struktur kalimat dasar.
4. Mempraktekkan wacana lisan atau dialog yang telah diberikan secara berpasang-pasangan.

C.      Materi Pokok:
Menyimak wacana lisan dan dialog tentang:  التعارف وعملة اليومية
+: اسمي خالد، ما سمك؟
- : اسمي خليل
+: كيف حالك؟
+: بخير، والحمد لله
- : من أين أنت؟
+: أنا من باكستان
- : هل أنت باكستاني؟
+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟
- : أنا تركيا، أنا من تركي
+: ما عمرك؟
- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟
+: عمري خمس عشرة سنة أيضا
- : مع السلامة
+: مع السلامة

D. Indikator :
1.   Melafalkan dan mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar.
2. Mendemonstrasikan التعارف وعملة اليومية sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan.
3.  Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan.
4.  Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan tentang التعارف وعملة اليومية  dengan struktur kalimat dasar yang diperdengarkan.
5.  Mampu menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang التعارف وعملة اليومية  yang diperdengarkan.
6.  Mengungkapkan kembali (praktek) tentang isi wacana yang telah didengar.

E.       Metode:
Metode belajar yang digunakan untuk menyimak (maharoh istima’) adalah sam’iyyah syafawiyah, ceramah, praktek, tanya jawab, dan penugasan.

F.       Tujuan Pembelajaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan serta mempraktekkannya bersama teman.

G.      Langkah-langkah Pembelajaran:

NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
Pendahuluan

15    enit

·         Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·         Guru mengecek kehadiran siswa.
·         Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran.
·         Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
  • Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan.
  • Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan.
Buku/Slide





2.
Kegiatan Inti

60 menit

·   Guru memperdengarkan wacana lisan yang telah tersedia dalam media kemudian dibacakan ulang  oleh guru.
  • Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar dan ikut melafalkan bersama guru.
  • Siswa mencocokkan tulisan yang tertera dalam buku dengan ujaran yang didengar.
  • Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru atau kata-kata yang belum dipahami.
  • Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang  diper-dengarkan oleh guru dengan bimbingan guru.
  • Siswa menjelaskan makna kata,frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru.
  • Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan.
  • Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, setiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang telah dibahas.
  • Setiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum.
  • Setiap kelompok mengungkapkan/ bercerita/ praktek kembali isi materi (kelompok lain menanggapi).
Kaset/mp3/video

3.
Penutup

15 menit

·         Guru memberikan pertanyaan lisan/soal latihan hasil belajar.
·         Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat.
·         Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa.
Instrumen latihan


H.      Sumber/Bahan/Alat Belajar:
  • Buku Pelajaran Bahasa Arab
  • Laboratorium Bahasa
  • Slide/Kaset/Mp3/video

I.         Penilaian
 Penilaian maharoh istima’ ditinjau dari segi:
1.      Kognitif          :
2.      Psikomotorik   :
3.      Afektif                        :



                                                                        Trenggalek, 09 Mei 2012
Mengetahui,

Kepala Sekolah                                             Guru Bidang Studi Bahasa Arab




Dr. Umi Mahmudah, M.Pd                                          Isna Novia. RM, S.S

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 06 Agustus 2014

RPP Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan TIK

Rabu, 06 Agustus 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah           : MTs Plus Raden Paku
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas / Semester        : VII / I
Alokasi Waktu            : 2  jam pelajaran

A.      Standar Kompetensi:
Menyimak (maharoh istima’): memahami dan mengerti informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan sehari-hari.

B.       Kompetensi dasar:
Menyimak (maharoh istima’) :
1.   Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat dan jelas.
2.  Menemukan informasi dari wacana lisan atau dialog sederhana yang ditampilkan sebelumnya.
3.  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana dengan struktur kalimat dasar.
4. Mempraktekkan wacana lisan atau dialog yang telah diberikan secara berpasang-pasangan.

C.      Materi Pokok:
Menyimak wacana lisan dan dialog tentang:  التعارف وعملة اليومية
+: اسمي خالد، ما سمك؟
- : اسمي خليل
+: كيف حالك؟
+: بخير، والحمد لله
- : من أين أنت؟
+: أنا من باكستان
- : هل أنت باكستاني؟
+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟
- : أنا تركيا، أنا من تركي
+: ما عمرك؟
- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟
+: عمري خمس عشرة سنة أيضا
- : مع السلامة
+: مع السلامة

D. Indikator :
1.   Melafalkan dan mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar.
2. Mendemonstrasikan التعارف وعملة اليومية sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan.
3.  Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan.
4.  Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan tentang التعارف وعملة اليومية  dengan struktur kalimat dasar yang diperdengarkan.
5.  Mampu menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang التعارف وعملة اليومية  yang diperdengarkan.
6.  Mengungkapkan kembali (praktek) tentang isi wacana yang telah didengar.

E.       Metode:
Metode belajar yang digunakan untuk menyimak (maharoh istima’) adalah sam’iyyah syafawiyah, ceramah, praktek, tanya jawab, dan penugasan.

F.       Tujuan Pembelajaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan serta mempraktekkannya bersama teman.

G.      Langkah-langkah Pembelajaran:

NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
Pendahuluan

15    enit

·         Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·         Guru mengecek kehadiran siswa.
·         Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran.
·         Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
  • Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan.
  • Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan.
Buku/Slide





2.
Kegiatan Inti

60 menit

·   Guru memperdengarkan wacana lisan yang telah tersedia dalam media kemudian dibacakan ulang  oleh guru.
  • Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar dan ikut melafalkan bersama guru.
  • Siswa mencocokkan tulisan yang tertera dalam buku dengan ujaran yang didengar.
  • Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru atau kata-kata yang belum dipahami.
  • Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang  diper-dengarkan oleh guru dengan bimbingan guru.
  • Siswa menjelaskan makna kata,frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru.
  • Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan.
  • Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, setiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang telah dibahas.
  • Setiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum.
  • Setiap kelompok mengungkapkan/ bercerita/ praktek kembali isi materi (kelompok lain menanggapi).
Kaset/mp3/video

3.
Penutup

15 menit

·         Guru memberikan pertanyaan lisan/soal latihan hasil belajar.
·         Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat.
·         Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa.
Instrumen latihan


H.      Sumber/Bahan/Alat Belajar:
  • Buku Pelajaran Bahasa Arab
  • Laboratorium Bahasa
  • Slide/Kaset/Mp3/video

I.         Penilaian
 Penilaian maharoh istima’ ditinjau dari segi:
1.      Kognitif          :
2.      Psikomotorik   :
3.      Afektif                        :



                                                                        Trenggalek, 09 Mei 2012
Mengetahui,

Kepala Sekolah                                             Guru Bidang Studi Bahasa Arab




Dr. Umi Mahmudah, M.Pd                                          Isna Novia. RM, S.S

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
isna novia mugiarty
ku suka eksplore tempat baru
Lihat profil lengkapku

Articles

  • Biografi Penyair
  • Contoh - contoh Syair
  • Definisi Sastra
  • Genre Sastra

Search


Blogger Templates