RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MTs Plus Raden Paku
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas / Semester :
VII / I
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi:
Menyimak (maharoh
istima’): memahami dan mengerti informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
tentang perkenalan dan kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
dasar:
Menyimak (maharoh
istima’) :
1. Mengidentifikasi bunyi,
ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat dan jelas.
2. Menemukan
informasi dari wacana lisan atau dialog sederhana yang ditampilkan sebelumnya.
3. Merespon
gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana dengan struktur
kalimat dasar.
4. Mempraktekkan wacana
lisan atau dialog yang telah diberikan secara berpasang-pasangan.
C. Materi Pokok:
Menyimak wacana lisan
dan dialog tentang: التعارف
وعملة اليومية
+: اسمي خالد، ما سمك؟
- : اسمي خليل
+: كيف حالك؟
+: بخير، والحمد لله
- : من أين أنت؟
+: أنا من باكستان
- : هل أنت باكستاني؟
+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟
- : أنا تركيا، أنا من تركي
+: ما عمرك؟
- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟
+: عمري خمس عشرة سنة أيضا
- : مع السلامة
+: مع السلامة
D. Indikator :
1. Melafalkan dan mengulang kembali
kata/kalimat yang telah didengar.
2. Mendemonstrasikan التعارف وعملة اليومية sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan.
3. Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan
yang diperdengarkan.
4. Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan tentang التعارف وعملة اليومية
dengan struktur kalimat dasar yang diperdengarkan.
5. Mampu menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks
lisan tentang
التعارف وعملة اليومية yang diperdengarkan.
6. Mengungkapkan kembali (praktek) tentang isi wacana yang telah didengar.
E. Metode:
Metode belajar yang
digunakan untuk menyimak (maharoh istima’) adalah sam’iyyah syafawiyah,
ceramah, praktek, tanya jawab, dan penugasan.
F. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: mengidentifikasi dan menangkap
makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan serta
mempraktekkannya bersama teman.
G. Langkah-langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
Pendahuluan
|
15 enit
|
|
·
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan
dan menanyakan kabar siswa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran.
·
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang
akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
|
Buku/Slide
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|
·
Guru memperdengarkan wacana lisan yang telah
tersedia dalam media kemudian dibacakan ulang
oleh guru.
|
Kaset/mp3/video
|
||
3.
|
Penutup
|
15 menit
|
|
·
Guru memberikan pertanyaan lisan/soal latihan
hasil belajar.
·
Guru memberikan penjelasan dan memberikan
pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat.
·
Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran
yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan
kesulitan yang dihadapi siswa.
|
Instrumen latihan
|
H. Sumber/Bahan/Alat
Belajar:
- Buku Pelajaran Bahasa Arab
- Laboratorium Bahasa
- Slide/Kaset/Mp3/video
I.
Penilaian
Penilaian maharoh istima’ ditinjau dari segi:
1. Kognitif :
2. Psikomotorik :
3. Afektif :
Trenggalek, 09 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Dr. Umi Mahmudah, M.Pd Isna
Novia. RM, S.S
0 komentar:
Posting Komentar